Kamis, 24 November 2011

kebudayaan Aceh-Tari Saman

Tari saman adalah salah satu tarian yang menarik. Keunikannya terletak dari kekompakkan gerakannya yang sangat menajakjubkan. Gerakan-gerakan teratur itu seolah digerakan satu tubuh dan terus menari dengan kompak.

 Tarian saman termasuk tarian yang unik, karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan-gerakan lainnya, seperti gerak guncang, kirep, linggang, surang saring, semua gerak ini adalah bahasa gayo. Selain itu, ada 2 baris orang yang menyanyi sambil bertepuk tangan dan semua penari saman harus menari denga harmonis.

Pada umumnya, tari saman dimainkan oleh belasan atau puluhan laki-laki tetapi jumlahnya harus ganjil. Namun, saat ini tari saman dimainkan oleh perempuan.

Kostum atau busana khusus saman terbagi dari 3 bagian, yaitu:
1. Pada kepala: bulung teleng atau tengkuluk dasar kain hitam empat persegi. Dua segi disulam dengan benang seperti baju, sunting kepies.
2. Pada badan: baju pokok/baju kerawang (baju dasar warna hitam, disulam benang putih, hikau dan merah, bagian pinggang disulam dengan kedawek dan kekait, baju bertangan pendek) celana dan kain sarung.
3. Pada tangan: topeng gelang, sapu tangan.

Tari saman sangat menarik dan banyak orang yang menyenanginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar